Rabu, 12 Oktober 2016


Proses pekerjaan epoxy lantai, disini akan diuraikan tahapan-tahapan aplikasi epoxy pada lantai beton dalam penerapannya. Sebelum melakukannya di butuhkan persiapan, perhitungan, pemilihan warna, pembersihan lantai dan menambal setiap celah-celah yang retak baru kemudian proses pengecatan.





Pengosongan Dan Pembersihan Area

Mengosongkan area telebih dahulu untuk mempermudah pengecatan agar tidak ada hambatan seperti memindahkan barang-barang, meja, mesin. Selanjutnya dilakukan cleaning seluruh area lantai untuk menghilangkan debu, alat yang digunakan adalah vacuum cleaner.
Perataan Permukaan Lantai
Lantai yang akan diepoxy tentu harus memiliki permukaan yang rata, bersih dari noda bekas minyak atau debu agar epoxy dapat merekat dengan sempurna, maka dari itu perlu dilakukan perataaan permukaan lantai beton menggunakan mesin floor polisher untuk membuang noda yang sudah lama dan mengeras.

Penambalan

Menambal lantai dengan material epoxy atau biasa disebut dempul, langkah ini dilakukan apabila terdapat retak atau ada bagian yang rusak bekas tertimpa benda keras, contohnya  besi yang jatuh ke lantai.
Primer Epoxy
Lantai yang sudah rata kemudian dillapisi dengan primer epoxy secara merata ke permukaan lantai. Gunakan roll agar jangkauan pengecatan epoxy lebih jauh, dan setelah melakukan pengecata  selesai biarkan selama beberapa jam hingga cat epoxy kering.




Selanjutnya adalah melapisi dengan material plamir epoxy ke seluruh permukaan lantai. Pada proses ini dilakukan dengan menggunakan raskam atau kape scrap, setelah plamir epoxy selesai biarkan selama beberapa jam hingga kering.


Sortir Plamir

Sortir plamir yaitu melakukan pengecekan plamir, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa plamir benar-benar merata dan menambahkan plamir apabila ditemukan ada bagian-bagian yang kurang. Plamir yang kurang merata tentu akan mempengaruhi warna dan akan terlihat belang pada saat pengecatan epoxy sudah finish. 
Pengecatan Epoxy Dasar
Setelah beberapa tahap diatas selesai selanjutnya diaplikasikan pengecatan epoxy dasar sebagai lapisan awal epoxy coating. Setelah pengeringan dasar selama beberapa jam lalu dilakukan pengamplasan keseluruhan permukaan lantai.
Finishing
Ini adalah tahap akhir pada proses pekerjaan epoxy lantai, pada tahap ini prosesnya sama seperti Pengecatan Epoxy Dasar hanya mengulang prosesnya untuk mendapatkan ketebalan epoxy coating sesuai yang ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar