Senin, 12 Juni 2017

Fungsi dan Keistimewaan Epoxy Lantai


Sebagai pengenalan dasar bagi Anda yang belum paham betul apa itu Epoxy, mari kita sama-sama mempelajari secara singkat tentang Epoxy. Sebagai aplikator epoxy maupun kontraktor epoxy, CvFazura Epoxy Flooring siap membantu pengerjaan cat epoxy lantai, waterproofing, dan floor hardener di lokasi Anda.

Epoxy pertama kali dirumuskan pada tahun 1930-an di Amerika Serikat dan Swiss, kemudian dilakukan pengembangan lebih lanjut. Selanjutnya epoxy diproduksi sebagai perekat atau lem (lem epoxy) pada tahun 1946 dan sebagai pelapis atau cat pada tahun 1947, yang kemudian pelapis atau cat epoxy ini.

Fungsi Memakai Cat Epoxy Lantai


Epoxy sebagai pelapis akhir pada permukaan lantai, dinding dan pelapon. Baik digunakan pada lantai pabrik, rumah sakit, super market dan industri lainnya.

Lantai yang dilapisi epoxy akan lebih bersih tidak ada sambungan nat dan lebih kokoh dan tahan terhadap kimia.
Epoxy juga merupakan standart dari ISO pada perusahaan yang sejenis industri.


Dalam industri aerospace, epoxy digunakan sebagai bahan matriks struktur yang diperkuat dengan serat. Epoxy juga digunakan sebagai perekat struktural, bahan seperti kayu dan lain-lain yang ‘rendah teknologi’ yang direkat dengan resin epoksi.

Ada beberapa macam pengerjaan lantai epoxy kopolimer yang terbentuk dari dua bahan kimia yang berbeda, yang disebut sebagai “resin” dan “pengeras”.
Resin ini terdiri dari monomer atau polimer rantai pendek dengan kelompok epoksida di kedua ujung.
Epoxy resin paling umum dihasilkan dari reaksi antara epiklorohidrin dan bisphenol-A, tetapi tidak jarang yang terakhir akan digantikan dengan bahan kimia yang serupa. Sedangkan pengeras terdiri dari monomer polyamine, misalnya Triethylenetetramine.


Ketika senyawa ini dicampur, kelompok amina bereaksi dengan kelompok epoksida untuk membentuk ikatan kovalen. Setiap kelompok NH dapat bereaksi dengan kelompok epoksida, sehingga polimer yang dihasilkan demikian kaku dan kuat.
Proses polimerisasi disebut “curing” dan dapat dikontrol melalui suhu. Atau bahasa sederhananya Epoxy adalah cat dua componen yang terdiri dari resin sebagai basenya dan polymed sebagai hardenernya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar